Senin, 23 Maret 2015

Boiler, Ketel Uap, Steam Generator part 2

Sistem kedua yang penting dalam boiler setelah feed water and steam system, adalah system aliran udara (draft system). Suplai udara yang dibutuhkan oleh proses pembakaran di dalam boiler diatur oleh 3 jenis fan, yaitu:
Primary Air Fan.
Force Draft Fan.
Induced Draft Fan.
Primary Air Fan
Primary air fan berfungsi untuk mensuplai udara ke pulveriser, yang selanjutnya digunakan untuk mengangkut sekaligus mengeringkan batu bara yang sudah dihancurkan oleh pulveriser, menuju ke dalam boiler. Udara yang disuplai oleh PA fan ini sebagian telah melalui proses pemanasan dengan menggunakan Gas-Air Heater. Sedangkan sebagian lainnya dibiarkan tetap dingin. Sebelum masuk ke pulveriser, udara panas dan dingin tersebut dicampurkan untuk mencapai suhu tertentu yang terkontrol. Temperatur primary air memang harus terkontrol, Anda bisa membayangkan sendiri mungkin apa yang akan terjadi apabila udara yang digunakan untuk mengangkut bubuk batu bara menuju boiler ternyata terlalu panas.


Force Draft Fan
Force Draft fan dan induced draft fan merupakan dua fan utama yang mengatur aliran udara di dalam boiler. Fungsi utamanya adalah untuk mensuplai udara yang dibutuhkan untuk proses pembakaran di boiler, serta membuang gas2 hasil pembakaran melalui stack. FD fan dan ID fan bertipe axial fan dengan menggunakan blade pitch yang bukaannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan udara dalam proses pembakaran di boiler.

Induced Draft Fan
Bahan bakar yang digunakan pada PLTU adalah batu bara. Sedangkan solar digunakan pada saat start up awal unit, dan pada saat shut down. Batu bara diatur jumlahnya yang akan masuk ke dalam pulveriser oleh Coal Feeder. Coal feeder ini di dalamnya ada belt yang kecepatan putarannya dapat diatur sesuai dengan kebutuhan suplai batu bara. Selanjutnya batu bara masuk ke dalam pulveriser untuk dihaluskan. Dari pulveriser, batu bara langsung diangkut oleh primary air menuju boiler.
Pulveriser
Coal Feeder

sumber:
https://apriyahanda.wordpress.com



0 komentar:

Posting Komentar

 

Thermodynamics of physics Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template