Senin, 23 Maret 2015

Siklus Rankine part 2

Ada dua proses dalam siklus rankine yang belum saya beri gambaran lebih lanjut. Yaitu proses kondensasi dan proses kompresi.
Proses kondensasi terjadi di suatu alat bernama kondenser. Prisip sederhana kinerja alat ini adalah, di dalam kondenser terjadi proses pendinginan dengan menggunakan media air laut terhadap uap air yang baru saja keluar dari turbin uap.  Hasilnya tentu saja uap air tersebut secara alami akan berubah fase menjadi air kembali alias mengembun.
Sebagai salah satu jenis heat exchanger tipe shell & tube, ada 2 bagian utama di dalam kondenser, yang pertama yaitu sisi shell sebagai tempat uap air melintas dan berubah fase menjadi cair, dan bagian kedua yaitu sisi tube (pipa-pipa kecil) yang dilewati oleh air laut.
Berikut adalah gambar sekilas kondeser. Karena ukurannya yang teramat besar –tingginya sekitar 16 meter–, maka hanya sebagian kecil saja yang nampak.


Kondeser (warna kuning)

Untuk proses kompresi dengan media air, tentu saja menggunakan pompa air. Pompa yang digunakan di power plant / PLTU jauh berbeda dengan yang digunakan di rumah-rumah. Perbedaan yang paling mencolok adalah sistem penggeraknya serta ukurannya. Selain tentu saja mengunakan penggerak motor listrik berukuran besar (10.000 kVolt), ada pompa yang penggerak utamanya adalah turbine uap. Sebagian kecil uap yang ada di turbine utama diambil sebagian kecil dan digunakan untuk penggerak turbin kecil ini. Kami biasa menyebutnya dengan Baby Turbine.
Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwa ada 2 jenis pompa yang digunakan di tempat kami, yaitu:
1. Electric Feed Water Pump. Menggunakan penggerak motor listrik, terdiri atas dua pompa yaitu booster pump dan main pump.

Electric Feed Water Pump

2. Turbine Feed Water Pump. Menggunakan penggerak turbine uap, dan juga terdiri atas booster pump dan main pump.
Turbine Feed Water Pump
Terlihat ruwet mungkin bagi orang yang pertama kali melihatnya, saya pun juga seperti itu pada awalnya. Dan bahkan sampai sekarang masih belum behenti mempelajarinya. Belajar sambil sharing tentu saja. Semoga bermanfaat kawan.

0 komentar:

Posting Komentar

 

Thermodynamics of physics Copyright © 2012 Design by Ipietoon Blogger Template